PERANCANGAN: KOMIK PENDIDIKAN MENGENAL PRODUKSI FILM INDONESIA DALAM SATU DEKADE (2000-2010)

Authors

  • Namuri Migotuwio

Keywords:

Komik Pendidikan Produksi Film Indonesia SMK

Abstract

Industri perfilman di Indonesia terus meningkat memerlukan keseimbangan sumber daya yang berkualitas untuk mengimbangi peralatan yang terus berkembang. Di tingkat akademik SMK menjadi tenaga kerja terdidik yang seharusnya siap untuk bergerak di bidang perfilman. Namun mekanisme pendidikan yang ada dan kurikulum belum memenuhi dan menciptakan sumber daya manusia yang dibutuhkan sehingga perlu diciptakan suatu media alternative untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dalam bidang perfilman secara lebih efektif.

Komik dipilih sebagai media yang dekat dengan anak muda dan secara efektif mampu mengidentifikasi gambar dan bahasa tekstual menjadi suatu rangkaian yang menarik dan mengandung banyak pengetahuan bermanfaat bagi pelajar. Dalam perancangan Komik Pendidikan yang di mana akan mengulas secara terperinci dengan menggabungkan materi pengetahuan dengan cerita yang dikemas sedemikian rupa sehingga suatu materi pelajaran dapat dinikmati dalam suatu rangkaian cerita yang memperlihatkan detail-detail karakter, setting, hingga suasana yang tergambar dalam satu lokasi tertentu.

Selain para pembaca diajak untuk berimajinasi tentang keadaan cerita yang digambarkan, para pembaca juga dapat mengidentifikasi peralatan hingga situasi syuting yang menjadi tempat akhir tujuan mereka menempuh pendidikan hingga teknis-teknis hingga materi-materi yang tidak diajarkan di sekolah, seperti etika, suasana kerja, karakter, hingga bagaimana tokoh menyimulasikan kondisi yang sebenarnya ketika di lingkungan kerja.Unsur-unsur itulah yang nantinya akan diterima oleh para pembaca sehingga mereka tidak terkejut ketika harus terjun dengan semangat dan ketrampilan yang telah dimiliki.

 

 

Published

2020-09-09

How to Cite

Migotuwio, N. (2020). PERANCANGAN: KOMIK PENDIDIKAN MENGENAL PRODUKSI FILM INDONESIA DALAM SATU DEKADE (2000-2010). An1mage Jurnal Studi Desain, 3(2), 76-85. Retrieved from https://an1mage.net/OJS321/index.php/ajsd/article/view/168