USULAN DESAIN: JALUR KERETA TRANSPORTASI MASSAL DI BALI

Authors

  • Michael Gumelar

Keywords:

Usulan Desain Jalur Kereta Transportasi Massal Pulau Bali

Abstract

Bali merupakan satu pulau yang indah, menjadi tujuan wisata dari ragam daerah lain yang berasal dari dalam negeri dan juga dari negara lain. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri mengenal area untuk wisata seperti Candidasa, Kuta, Sanur, dan Ubud di Bali. Tetapi sebenarnya seluruh area di Bali memiliki potensi kuat untuk menjadi area wisata, karena Pulau Bali sudah dijuluki sebagai surga dunia atau heaven on earth, julukan untuk satu pulau bukan sebagian saja.

Dikaitkan dengan meroketnya popularitas beberapa tempat wisata baru di Bali mengakibatkan konsekuensi meningkat pula jumlah wisatawan dan alat transportasi ke area-area tersebut. Hal ini memiliki implikasi yang kuat bahwa ke depannya potensi seluruh area di Bali akan macet menjadi tidak terhindarkan bila terus-terusan mengandalkan alat transportasi berupa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, maka kenyamanan akan hilang karena polusi, kebisingan, antrean memanjang menunggu giliran, membuang waktu di jalan, gerah, dampak ekonomi, dan dampak psikologis seperti marah, ketidaksabaran, kebosanan, dan lainnya yang mungkin muncul. Di sinilah muncul usulan desain jalur kereta transportasi massal di Pulau Bali.    

 

Published

2020-09-09

How to Cite

Gumelar, M. (2020). USULAN DESAIN: JALUR KERETA TRANSPORTASI MASSAL DI BALI . An1mage Jurnal Studi Desain, 3(2), 67-75. Retrieved from https://an1mage.net/OJS321/index.php/ajsd/article/view/167