ITEKS: JUAL BUKU TEKS KARYAMU DI PASAR BUKU TEKS

Tidak banyak pasar digital yang menjual hanya produk digital. Apalagi pasar tersebut terbuka untuk umum, di mana seseorang dapat mendaftar dan menjual karya buku teks atau buku-buku pelajaran yang dibuat sendiri, bahkan tanpa memerlukan ISBN, hebatnya lagi, dana langsung masuk kamu ke akun PayPal kamu sendiri, tidak di iteks, jadi aman.

Ya dengan menjadi pelapak atau seller hanya dengan membuka akun gratis di iteks.an1mage.net An1mareaders sudah siap menjual buku-buku yang berhubungan dengan buku pelajaran atau buku teks untuk SD, SMP, SMA, dan bahkan buku teks untuk tingkat universitas. An1mareaders tidak perlu mengurus ISBN untuk buku dalam format digital PDF yang didistribusikan melalui pasar buku teks digital iteks ini. Selesai berkarya, langsung uplod, kemudian tinggal dipromosikan via WA, Line, dan Linkedin.

Terlebih lagi An1mareaders bisa tahu langsung penjualannya, semakin rajin promosi, semakin membuka peluang potensi penjualan. Yuk ikuti cara membuka akun di iteks pasar buku teks digital ini. Caranya kunjungi website:

Iteks.an1mage.net

Membuka Akun

Tampilannya kurang lebih seperti gambar di bawah. Kemudian click pada icon My Account yang seperti orang, kemudian click register.

An1mareaders akan dibawa ke kolom pengisian  Register Account, pastikan mengisi nama sesuai dengan KTP atau identitas lainnya, karena akan memudahkan menarik data dan dana hasil penjualan ke depannya.

Pastikan mengisi password, jangan bagikan password ini ke siapa pun. Untuk newsletter bisa memilih tidak (no)  bila diperlukan.

Jangan lupa mencentang privacy police, kemudian click tombol Continue. Kalau sudah benar, akan muncul halaman berikutnya, dengan tulisan Your Account Has Been Created, kemudian click Continue lagi.

Setelah itu, selamaaaat. Akun pelapak An1mareaders di iteks telah berhasil dibuat. Kini bagaimana meng-upload buku digital dalam format PDF dapat dijual di iteks pasar buku teks digital ini?

Meng-upload Buku Digital

Di area Seller, di area dekat My Orders, menu di bawah My Orders adalah menu Seller. Cari tombol Add Download, lalu click tombol Add Download tersebut.

Di kolom Download name beri nama judul bukunya, misal judul bukunya adalah “Buku Kerenku”, kemudian di kolom Mask: isikan lagi nama yang sama tapi diberi ekstensi .PDF, jadi namanya menjadi: buku kerenku.pdf kini saatnya meng-upload file buku digital PDF yang telah an1mareaders buat sebelumnya dengan cara click tombol upload file.


Bila berhasil akan muncul kode verifikasi nama filename buku digital yang baru saja An1mareaders upload, kini click tombol save berbentuk icon floppy disk yang berada di kanan atas menu add download, tepatnya di sebelah kiri icon panah melengkung ke kiri.

Menjual Buku Digital

Setelah file buku digital PDF ter-upload, kini menayangkannya agar muncul di katalog pasar buku teks digital iteks, caranya sangat mudah. Kembali ke menu Seller, kali ini click tombol Add Product yang berada tepat di bawah tombol Seller Details.

Akan muncul halaman Add Product. Di Tab General isikan nama produknya, yaitu sesuai dengan judul bukunya di Product Name, kolom ini wajib diisi. Kemudian deskripsikan bukunya di kolom Description, An1mareaders dapat menambahkan video promosi bukunya bila memerlukan dengan memberikan link atau URL dari penyedia jasa sosial video seperti youtube atau sejenisnya, dan yang kemudian memberikan Meta Tag Title sesuai dengan nama bukunya.

Kini click tab Data, di area model isikan judul buku, kemudian di area ISBN isikan nomor ISBN kalau An1mareaders memilikinya, bila tidak, kosongkan saja, buku tetap dapat dijual walaupun tanpa ISBN.

Di kolom harga, isikan harga sesuai keperluan, harga secara otomatis dalam dollar atau USD, misalnya diberi harga 1 dollar yang setara kurang lebih 12 ribuan rupiah. Untuk Tax Class, karena menjual secara pribadi pilih None. Di kolom Quantity isikan satu, minimum quantity juga 1, di kolom subtract Stock pilih No, kemudian di Requires Shipping pilih No, karena barang digital jadi tinggal di-download saja.

Data available secara otomatis adalah sesuai hari data dibuat atau hari ini, yang paling penting adalah Date End, atau kapan buku digitalnya akan tidak dijual, bila ingin dijual lama, pastikan memilih hari, bulan, dan tahun yang lebih lama misalnya hari yang sama, tanggal yang sama tetapi pilih tahun 2022 bila menjual bukunya selama 2 tahun sejak tanggal awal buku digital didistribusikan di iteks.

Kemudian langsung ke Status, pastikan enable agar bisa muncul di katalog iteks. Untuk sort order isikan 1 agar urutan di nomor 1 dalam daftar produk toko online an1mareaders nantinya, kalau an1mareaders memiliki produk berikutnya, bisa diberi sort order 2, 3, atau nomor urutan lainnya sesuai keperluan.

Di tab links, ini sangat penting  untuk menentukan file mana yang akan di-download oleh calon pembeli. Di Manufacturer atau publisher isikan nama penerbit bila ada, bila menerbitkan sendiri, kosongkan saja. Di Categories, dengan ketikkan Buku Teks Digital, di mana biasanya akan muncul secara otomatis di sana sesuai dengan kategori menu utama di pasar buku teks digital iteks.

Kemudian langsung ke kolom stores, pastikan centang default, lalu di kolom downloads ketikkan judul buku yang akan di-download oleh calon pembeli, yaitu “buku kerenku”, judul buku digital biasanya otomatis akan muncul saat mengetikkan kata awal judul bukunya, hal ini menandakan upload file yang an1mareaders lakukan berhasil terindeks oleh  iteks. 

An1mareaders dapat meng-upload lebih dari satu buku yang dijual, namun iteks hanya memberikan batasan 10 judul per pelapak dengan maksimum total 100 MB per pelapak jadi bila memerlukan menjual lebih dari sepuluh buku, dapat membuat akun pelapak baru di iteks ini. Di kolom Related Products akan muncul judul-judul lain yang telah an1mareaders upload sebelumnya bila ada.

Kini langsung ke image, click gambar icon iteks, ganti sesuai dengan cover awal buku digitalnya, ukuran image ini adalah 200×200 pixels dengan resolusi 72 dpi, bila memerlukan menambah gambar lainnya click tanda plus di kolom Additional Images. 

Untuk tab dan kolom lainnya, biarkan saja apa adanya, tidak perlu pengubahan dan mengisi apa pun lagi. Kini click tombol save untuk menyimpan semua pengubahan yang telah dilakukan.

Menambahkan sistem pembayaran

Buku yang dibeli oleh seorang pembeli di iteks memerlukan sistem pembayaran agar dana yang tertransfer masuk ke akun an1mareaders sendiri.  Click kembali My Account di area kanan atas dengan icon orang dengan tulisan My Account.

Click di area Seller Details, akan muncul halaman baru, Di Tab General, pastikan status: enabled, lalu untuk logo, click berikan foto An1mareaders di sana, atau logo toko An1mareaders sendiri.

Isi semua kolom form yang ada, terutama yang wajib diisi dengan tanda bintang merah. Setelah semua terisi, kini tekan tab Payment Details, hal ini sangat penting. Pasar Buku Teks Digital Iteks saat ini hanya merekomendasikan pembayaran via PayPal karena sistemnya relatif mudah.

Payment Method pilih PayPal, dan isikan alamat email yang juga sebagai alamat pembayaran di PayPal. Setelah selesai, click tombol save yang ada di sebelah kanan atas dengan icon floppy disk.

Bila An1mareaders belum punya akun PayPal, An1mareaders dapat membuka akun PayPal gratis di link berikut: https://www.paypal.com/ pilih sign up atau mendaftar.

Mengecek Buku Digital di iteks Katalog

Setelah bukunya diupload, didaftarkan produknya di katalog dan memberikan sistem pembayaran bagi calon pembeli, kini saatnya mengecek bukunya berada di mana? 

Sangat mudah, tinggal click sesuai dengan kategori menunya, misalnya kategori buku yang telah didaftarkan adalah Buku Teks Digital, tinggal click Buku Teks, kemudian pilih Buku Teks Digital. Bila benar, maka buku yang An1mareaders daftarkan produknya akan muncul di sana, bila belum, maka pastikan mengecek dan setting ulang di kolom Categories, detail dapat dilihat di Meng-upload Buku Digital yang telah dijelaskan sebelumnya.

Promosikan ke WA

Kini An1mareaders tinggal meng-copy link yang langsung mengarah ke Buku Digital yang dijual. Caranya click buku tersebut di mana akan membuka ke halaman berikutnya:

Pastikan meng-copy alamat link tersebut, bisa juga alamat link-nya dibuat lebih ringkas dengan copy dan paste di bit.ly agar alamatnya lebih pendek. Kok contoh buku teksnya komik? Iya, ada mata pelajaran yang dapat dijabarkan dengan lebih mudah dengan menggunakan format komik. Jadi boleh menggunakan komik yang menjelaskan mata pelajaran tertentu dengan komik dan masuk sebagai kategori buku teks.

Ini rahasia mengapa seseorang menjadi memiliki potensi mendapatkan passive income (pendapatan bukan dari pekerjaan utama) dengan menjual buku digital karyanya.

  1. Bukunya diperlukan oleh banyak orang
  2. Didistribusikan dan terdata secara online di pasar digital salah satunya iteks.
  3. Gabung dengan banyak Grup di WA yang sesuai dengan isi buku yang akan An1mareaders jual.
  4. Hindari debat suku, ras, agama, dan politik, serta bersikap sopan dan menyenangkan dalam grup.
  5. Dipromosikan dan mempromosikan secara terus menerus link yang ada di pasar digital tersebut melalui WA.

Demikianlah cara membuka akun di iteks: pasar buku teks digital, meng-upload buku yang akan dijual, menambahkan dalam katalog dan memberikan sistem pembayaran di iteks. Semoga memberi peluang passive income di masa pandemic oleh Covid-19 ini bagi para dosen, guru, dan penulis buku cara ini dapat juga dilakukan untuk ikomik.an1mage.net dan inovel.an1mage.net

Salam sukses selalu

An1magine Volume 5 Nomor 8 Agustus 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di iteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di FacebookInstagramTwitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *